PSIKOLOGI DAN INTERNET DALAM LINGKUP INTERPERSONAL 1
PSIKOLOGI DAN TEKNOLOGI INTERNET
NOVIA FATIMAH
KELAS 2pa07
NAMA KELOMPOK 6 :
Agustin Tiara Yuti 10515313
Ida Bagus Krsna 13515226
Nur Adizah 15515161
A.
Sejarah
Terbentuknya Komunitas Online (Social Netword)
Menurut Ferguson et
al., 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang
berkumpul untuk berbagi sence of
community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki
kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan
beberapa layanan online, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial,
layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.
Komunitas maya diciptakan untuk
saling berkomunikasi di antara para pengguna internet dengan menggunakan
teknologi yang mengguakan platform internet. Walaupun begitu, saat internet
populer di kalangan awam, yaitu sejak munculnya http sebagai landasan
website, masyarakat baru sekedar menggunakan internet untuk mencari berita atau
komunikasi melalui e- mail. Komunitas maya bisa berupa mailing
list, newsgroup atau bulletin board.
Tahun 1997, Muncul situs jejaring sosial
pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com
yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih
menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
Tahun 1999, Muncul situs untuk membuat blog
pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman
situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang
apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga
bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
Kaskus lahir pada tanggal 6 November
1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle,
Amerika Serikat. Mulanya Kaskus yang dikembangkan oleh Andrew, Ronald, dan Budi
ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah mereka. Konsep awal Kaskus sebenarnya adalah
situs yang mampu mengentaskan dahaga mahasiswa Indonesia di luar negeri akan
kampung halaman melalui berita-berita Indonesia. Situs www.kaskus.us pada saat ini dikelola oleh PT.
Darta Media Indonesia. Anggotanya, yang pada saat ini berjumlah lebih dari
2.000.000 member, tidak hanya berdomisili dari Indonesia namun tersebar juga
hingga negara lainnya. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja
hingga orang dewasa.
Tahun 2002, Berdirinya Friendster, situs
jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media
sosial menjadi fenomenal akibat ledakan para penggunanya.
Tahun 2003, Berdirinya LinkedIn, tak hanya
berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan,
sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang. Selain LinkedIn
terdapat juga MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,
sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
Tahun 2004, Lahirnya Facebook, situs jejaring
sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs
jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak
Tahun 2006, Lahirnya Twitter, situs jejaring
sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya
bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140
karakter.
Tahun 2011, Lahirnya Google+, google
meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal
peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google.
Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.
Kozinet (2000) membedakan komunitas
virtual sebagai 5 aspek pembedanya sebagai dasar pembedanya, yaitu:
1.
Boards. Berfungsi sebagai papan bulletin elektronik (usenet atau
newsgroup)
2. Rings. Yaitu
sebuah web yang berfungsi sebagai aggregator web page yang
lain yang disusun secara tematik.
3. Lists. Yaitu
senai surat elektronik yang disatukan pada topic atau minat
tertentu.
4. Dungeons. Yaitu
sebuah lokasi virtual bertema, dimana dimana interaksi
distrukturisasi dengan peraturan tertentu. Misalnya multu user platform
seperti yang terdapat pada permainan-permainan RPG (Role Playing Game),
misalnya Final Fantasy, Counter Strike, dan lain-lain
5. Chat
rooms. Yaitu lokasi virtual yang tidak bertema, kurang terorganisir, top
B.
Polarisasi
Dalam Kelompok – Polarisasi dalam Kelompok
Internet ( interconnection- networking ) secara harfiah ialah sistem global dari
seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet
Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani pengguna internet di seluruh dunia.
Dengan
perkembangan internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, pendapat,
dan pandangan dunia terhadap suatu hal. Dengan hanya berpandukan mesin pencari
seperti Google, pengguna di seluruh
dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi.
Berdasarkan
perbedaan status, keadaan, kepribadian, dan kebiasaan para pengguna internet
umumnya akan terbentuk kelompok atau forum memiliki tujuan masing-masing.
Pengelompokan di internet juga dapat berasal dari fasilitas internet yang
beragam seperti beragamnya layanan yang disediakan internet seperti fasilitas
jejaring sosial, streaming, searching, download dan upload, jual
beli, cloud software, dan sebagainya. Hal tersebut dapat kita katakan sebagai
sebuah polarisasi internet.
Sebagai
contoh polarisasi yang diakibatkan oleh fasilitas internet adalah pembentukan
kubu para pengguna. Misalkan anda adalah pengguna layanan jejaring sosial
dibawah.
Contoh :
Saya
memposting foto di Instagram, dan secara sadar atau tidak saya akan memberikan
ajakan kepada orang untuk sekedar melihat atau memberikan Love di postingan saya tersebut. Misal saya berkata kepada teman
saya “Hai Jo, apa kamu sudah melihat foto
saya bersama dia?” atau “Hai Diah…
sudahkah kamu menyukai postingan saya di instagram?”. Dengan begitu kita
secara tidak langsung mengajak orang yang hanya mempunyai Instagram juga.
Selain itupun
polarisasi dapat terjadi karena perbedaan layanan pada internet seperti :
1. Jejaring Sosial
Disini user dapat berbagi
informasi dan data pribadi maupun berbagi pengetahuan dengan teman yang
menggunakan jejaring sosial yang sama. Seperti munculnya sekelompok pengguna
facebook, twitter, instagram, path, ataupun snapchat.
2. Streaming
Dengan fasilitas streaming user
dapat berbagi video mereka, serta dapat mengomentari serta me-rating video
sendiri maupun orang lain yang mengupload videonya ke situs streaming tersebut.
Contohnya seperti youtube atau aplikasi
lain yang mendukung dalam menstreaming video.
3. Forum Komunitas Maya
Forum Komunitas maya adalah
proses polarisasi internet yang paling jelas terlihat, karena didalamnya jelas
terlihat sekumpulan orang dengan kesamaan tertentu seperti kesamaan tempat
tinggal, status, hobi, serta kepribadian. Biasanya dalam komnitas ini terdapat
fungsi tertentu untuk tujuan tertentu, seperti tujuan sosial untuk mecari dana
bantuan, memotivasi banyak orang, bahkan bias untuk menghasilkan produk dan
uang.
4. Cloud Storage
Fasilitas cloud storage juga merupakan salah satu aspek yang terlibat dalam
polarisasi internet. Beberapa user biasanya lebih memilih menggunakan beberapa
situs storage lokal yang meminimalisasi waktu unduh dan unggah sementara yang
lainnya memilih situs storage luar yang memiliki kapasitas besar.
5. Surel
Surel atau surat elektronik
adalah fasilitas penyedia surat-menyurat elektronik (e-mail). Walaupun terdapat
kelompok pengguna dalam fasilitas surel, hal ini tidak menutup pengguna
fasilitas surel provider lain berkomunikasi dengan kita.
6. Blog
Dengan fasilitas blog, user
dapat membagi informasi tentang berbagai hal kepada pembaca blog tersebut. Di
internet terdapat beberapa situs yang menyediakan jasa penyediaan blog seperti
Blogspot, WordPress, Ngeblogs dan sebagainya. Dalam isi blog tersebut juga
terdapat bermacam – macam pembahasan, mulai dari kesehatan, kecantikan,
otomotif, bahkan jual beli.
7. Milist
Milist atau kependekan dari Mailing
list memiliki fungsi sebagai penyedia kelompok diskusi online secara real
time. Di dalam milist terdapat kelompok-kelompok yang dibagi berdasarkan topic
yang dibicarakan dalam kelompok.
8.Chatting dan Teleconference
Layanan chatting dan
teleconference dapat digunakan user untuk mengobrol dengan user lain secara
real time, bahkan dengan teleconference user dapat bertatap muka dengan user
lain secara real time.
Dengan adanya
polarisasi internet berdasarkan kegunaanya dapat terjadi pengelompokkan. Baik
kelompok yang memiliki tujuan ataupun sebuah kelompok orang yang memiliki
kesamaan nasib atau pilihan.
Polarisasi internet bahkan dapat terjadi pada
sekelompok orang yang secara tidak sadar menggunakan google sebagai search
engine, memang tidak ada hubungan/ komunikasi antara mereka namun orang dapat
memandang bahwa mereka adalah pengguna google atau “kelompok” orang yang
menggunakan web browser google.
Selain itupun dalam dunia maya terdapat forum yang dimana setiap anggotanya menyadari mereka adalah bagian dari forum itu atau bagian dari kelompok itu. Contohnya adalah pengguna forum youtube yang akan melabelkan setiap anggotanya sebagai youtubers. Serta dalam kelompok tersebut biasanya terdapat suatu aturan yang tertulis maupun yang berupa tata krama yang merupakan aturan bagi kelompok tersebut dalam bertindak dan berbuat, seperti pelarangan memberikan komentar berbau SARA, flaming, atau spam di suatu video.
Selain itupun dalam dunia maya terdapat forum yang dimana setiap anggotanya menyadari mereka adalah bagian dari forum itu atau bagian dari kelompok itu. Contohnya adalah pengguna forum youtube yang akan melabelkan setiap anggotanya sebagai youtubers. Serta dalam kelompok tersebut biasanya terdapat suatu aturan yang tertulis maupun yang berupa tata krama yang merupakan aturan bagi kelompok tersebut dalam bertindak dan berbuat, seperti pelarangan memberikan komentar berbau SARA, flaming, atau spam di suatu video.
C.
Kelompok Unik dalam Internet -
Kelompok Kerja Virtual
1.
Kelompok Unik dalam Internet
Di dalam dunia internet terdapat banyak sekali
kelompok-kelompok atau biasa yang disebut dengan komunitas (fanbase) dari
kelompok musik, kelompok jual beli barang, kelompok sosial, dsb. Ini sangat
bermanfaat bagi si pengguna karena mulai dari dunia maya kita dapat mengenal
satu sama lain orang-orang yang mempunyai hobi dan kebiasaan yang sama.
Di atas kita sudah jelaskan apa saja
kelompok-kelompok yang ada di dalam internet. Mungkin sudah banyak orang yang
mengenal dengan kelompok musik dengan berbagai macam aliran, kalau sudah
mendengar kata tersebut maka anggota-anggota yang ikut bergabung dalam kelompok
itu akan sangat bangga dan senang karena di dalamnya terdapat berbagai macam
hal yang bisa mereka lakukan seperti membuat jadwal berkumpul atau gathering
guna saling mengenal, saling berbagi dalam bermusik, dan saling memberi
semangat agar kelompok tersebut dapat bertahan lama, selalu kompak, dan akan
selalu memberikan yang terbaik bagi kelompoknya sendiri maupun masyarakat luas.
Ada
lagi tentang kelompok di dalam internet yaitu jual beli barang, yaitu segala
jenis barang yang bermerk atau yang sudah grosir dapat dijual disitu tujuannya
bagi si pengguna tentu saja menambah penghasilan dan bagi konsumen adalah lebih
praktis. Biasanya para komsumen membeli barang di luar rumah seperti di Mall
atau tempat-tempat grosiran lainnya, kali ini sudah ada yang lebih praktis lagi
tanpa harus keluat rumah yaitu jual beli melalui via online. Barang yang kita
inginkan tinggal pesan lewat email atau sms dan siap diantar sampai tujuan. Di
Indonesia ini sudah beribu-ribu macam kelompok dan mereka bisa saling
berinteraksi satu dengan yang lain dengan sesama komunitas.
2.
Kelompok
Kerja Virtual
Kelompok kerja virtual adalah sebuah
"ruang kerja" yang berlokasi di dunia internet, di mana seorang
individu dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diperlukan untuk melaksanakan
bisnis profesional atau pribadi tanpa memiliki "fisik" lokasi usaha.
Kelompok kerja virtual merupakan sebuah bentuk aplikasi layanan perkantoran
dalam format virtual yang bekerja secara online. Pengaturan operasional dan
fungsional suatu Kelompok kerja virtual memungkinkan pemilik bisnis dan
karyawan untuk bekerja dari lokasi di manapun dengan menggunakan teknologi
komputer seperti PC, laptop, ponsel dan akses internet.
Kelompok kerja
virtual menggunakan teknologi komputer guna menghubungkan
orang-orang yang terpisah secara fisik guna mencapai sasaran bersama.Teknik
tersebut memungkinkan orang saling bekerjasama lewat metode online, kendati
mereka dipisahkan yuridiksi negara bahkan benua.
Kelompok kerja virtual dapat
melakukan lebih banyak hal ketimbang kelompok kerja lainnya, terutama dalam hal
berbagi informasi, pembuatan keputusan, dan perampungan pekerjaan. Mereka
terdiri atas para anggota dari organisasi yang sama ataupun hubungan anggota
organ dengan para pekerja dari organisasi lain semisal supplier ataupun partner
perusahaan.
Tujuan :
Kelompok kerja virtual timbul
sebagai upaya untuk mewujudkan efisiensi kerja yang berujung pada penekanan
biaya (cost reduction) yang salah
satunya adalah pengurangan penggunaan lingkungan kantor secara fisik. Sebuah
kantor virtual dapat memberikan penghematan yang signifikan dan fleksibilitas
dibandingkan dengan menyewa ruang kantor tradisional.
Kelompok kerja virtual merupakan
implementasi dari upaya otomasi perkantoran (office automation) yang bertujuan membantu pemilik atau karyawan
perusahaan untuk meningkatkan produktifitas kerja. Keberadaan kantor virtual
seorang pemilik atau karyawan perusahaan dapat “datang” ke kantor secara cepat yang
sebetulnya, kedatangan dan kepergian tersebut berlangsung secara virtual yang
tidak secara fisik datang dan hadir di lingkungan kantor.
Infrastruktur
Mewujudkan suatu Kelompok kerja
virtual berarti mempersiapkan infrastruktur otomasi perkantoran, melakukan
definisi ulang (redefine) proses
kerja kantor, serta mempersiapkan kondisi karyawan untuk bekerja melalui konsep
kantor virtual.
Definisi ulang proses kerja dan
persiapan kondisi karyawan tentunya akan melibatkan proses manajemen yang cukup
kompleks, terlebih bagi perusahaan yang selama ini beroperasi dengan cara
tradisional. Sedangkan infrastruktur otomasi perkantoran, meskipun tetap
melibatkan proses manajemen, lebih sering dipandang dari segi teknis
integrasinya. Infrastruktur otomasi perkantoran dapat tersusun atas tiga jenis
aplikasi berikut ini :
1.
Aplikasi
perkantoran, meliputi pengolah kata, pengolah tabel, pengolah slide presentasi.
2.
Aplikasi
komunikasi, termasuk e-mail, messaging, voice-mail, telefon, fax, address book,
dll.
3.
Aplikasi
kolaborasi, yang berisi aplikasi manajemen proyek, kalender elektronik, forum
diskusi, aplikasi konferensi dll.
Kini dengan semakin banyaknya
perusahaan yang menyediakan layanan kelompok kerja virtual, memudahkan individu
untuk mengembangkan usahanya tanpa harus memikirkan infratruktur otomasi
perkantoran.
Beberapa perusahaan kantor virtual
telah menyediakan layanan dan bantuan yang terkait dengan kantor fisik, seperti
alamat kantor yang bergengsi, layanan menjawab telepon profesional dan
menyewakan ruang kantor dan ruang pertemuan, dan lain-lain.
Kelompok kerja virtual saat ini
bukan hanya sebagai pemanfaatan ”ruang kerja” di dunia maya, tetapi juga
merupakan aplikasi lengkap termasuk komunikasi profesional.
D.
BRAINSTORMING ELEKTRONIK
Komponen GDSS, menyediakan perangkat
untuk memfalitasikan perencanaan, pengembangan, dan evaluasi gagasan serta
menyimpulkan suatu topic dalam rapat suatu perusahaan. Salah satu perangkat
GDSS adalah perangkat brainstorming elektronik.
Perangkat Brainstorming elektronik memungkinkan orang-orang secara
bersamaan dan anonym menyumbangkan ide mengenai topic rapat.
Sumber:
3.
https://deathneverlost.wordpress.com/2012/10/31/polarisasi-dalam-internet-hingga-terbentuk-kelompok/
4.
http://gibranalghifari12.blogspot.co.id/2014/11/kelompok-unik-dalam-internet-kelompok.html
Isi atau materinya cukup memadai dan memberikan saya informasi yang berguna tetapi referensinya dari blog orang yang belum tentu keakuratannya.
BalasHapusMaterinya sudah bagus. Terimakasih
BalasHapusMaterinya sudah bagus, tapi agak sedikit berantakan susunanya. Terimakasih
BalasHapusMungkin akan lebih bagus kalau spasi dan tulisannya dirapikan lagi, agar pembaca lebih fokus
BalasHapussungguh bermanfaat. terimakasih infonya 😊
BalasHapusKeren
BalasHapus